Kasus HIV di Aceh Utara Bertambah Lagi, Kasus Terbaru Mengejutkan

By Redaksi-Jarak 07 Jan 2019, 22:59:03 WIB EDUKASI
Kasus HIV di Aceh Utara Bertambah Lagi, Kasus Terbaru Mengejutkan

Keterangan Gambar : Mahasiswa dan siswa yang berhasil menang lomba Olimpiade HIV-AIDS untuk tingkat SMA dan Perguruan Tinggi yang diadakan Dinas Kesehatan Aceh Utara pada 2018.


ACEH UATARA I Petugas medis Aceh Utara kembali menemukan dua kasus baru Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) pada Desember 2018. Sehingga sekarang jumlah kasus Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Aceh Utara sudah mencapai 99 kasus.

“Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan tahun 2017 lalu, yaitu 81 kasus, dan angka tersebut termasuk tertinggi dari 22 kabupaten/kota di Aceh,” ujar Pengelola Program HIV-AIDS dan IMS Dinas Kesehatan Aceh Utara Sri Mulyati Mukhtar.

Dari 18 kasus yang ditemukan dalam 2018, didominasi kasus lelaki seks lelaki (LSL), dan ini kasus terbaru yang ditemukan dalam dua tahun terakhir ini. Dari jumlah kasus itu juga ditemukan seorang ibu hamil. 

“Dalam tahun ini kita bisa menemukan lebih banyak kasus tersebut atas bantuan kader kita dibandingkan tahun-tahun seblumnya. Untuk itu kita berharap kepada kader supaya lebih aktif lagi mengajak mereka yang masih enggan untuk diperiksa dan diobati,” ujar  Sri Mulyati.

Dari 99 kasus itu, 48 orang sudah meninggal. Sedangkan yang masih hidup 49 orang, tapi yang masih dalam perawatan 32 orang. Sedangkan yang lainnya tidak bisa diakses petugas lagi, karena sudah pindah tanpa pemberitahuan.(SRB)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment