Pemilihan Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh 2018

By Redaksi-Jarak 01 Jan 2019, 19:36:30 WIB NEWS
Pemilihan Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh 2018

Lhokseumawe - Pemilihan Raya Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (PEMIRA BEM) Universitas Malikussaleh (UNIMAL) 2018 yang berlangsung sejak ditetapkannya Ketua Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa  (KPRM) yaitu Reza Fajrul Rahman oleh  Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UNIMAL pada 2 desember 2018 telah selesai terlaksana sampai dengan sidang Pleno IV pada 29 desember 2018 di sekretariat DPM UNIMAL.

PEMIRA BEM UNIMAL 2018 diikuti oleh 2 pasangan calon yaitu Royhan & M. Sabar dari paket A dan M. Mabrul & T.M Lutfan dari paket B. Keduanya telah mendaftar juga telah lewat verifikasi berkas dan screening test. Kedua pasangan calon dari paket A dan paket B juga telah melakukan debat kandidat pada 24 desember 2018 di GOR ACC Cunda yang di pandu oleh moderator Zulfikar Syarif serta kedua panelis yaitu Zulfikar Mulieng & Darmadi Ridwan.

Debat kandidat juga disaksikan langsung oleh masing masing tim pemenangan dari kedua pasangan calon, mahasiswa Unimal, MPM UNIMAL, demisioner BEM UNIMAL 2016/2017, Kabag. Kemahasiswaan UNIMAL, dan juga tamu undangan lainnya. Lanjut Fajrul selaku ketua KPRM UNIMAL.

Pada hari kamis, 27 desember 2018 dilanjutkan dengan pemungutan suara di 5 TPS, yaitu TPS 1 Reulet, TPS 2 Bukit Indah, TPS 3 Bukit Indah, TPS 4 Lancang Garam dan TPS 5 Cunda. Pemungutan suara berlangsung sampai dengan pukul 15.00 WIB, kemudian diteruskan dengan perhitungan suara. Proses perhitungan suara awalnya berlangsung damai, tetapi ada sedikit hambatan di TPS 3 dimana salah satu paket calon mempertanyakan adanya suara yang lebih setelah perhitungan. Tetapi masalah tersebut tidak mengganggu kotak suara dan rekapitulasi yang ada di TPS 3. Kemudian masalah juga terjadi di TPS 1 sehingga mengganggu proses perhitungan suara, kemudian proses perhitungan dilanjutkan pada jumat 28 desember 2018 di sekretariat Resimen Mahasiswa selaku panitia pengaman PEMIRA 2018.

Pada hari jumat 28 desember 2018 salah satu paket juga mengajukan surat gugatan terkait hasil PEMIRA 2018 kepada DPM UNIMAL dan surat tersebut telah dibalas dan Gugatan tidak dipenuhi oleh DPM UNIMAL disertakan dengan lampiran Surat Pembelaan dari KPRM.

Sabtu 29 desember 2018 DPM UNIMAL langsung melaksanakan Pleno IV untuk penetapan Ketua & Wakil Ketua BEM Universitas Malikussaleh periode 2019/2020 di sekretariat DPM UNIMAL dan dipimpin oleh Ketua MPM UNIMAL, Ketua DPM UNIMAL dan Ketua KPRM UNIMAL. Hasil dari Pleno IV menetapkan saudara Royhan selaku Ketua BEM Universitas Malikussaleh dan saudara M. Sabar selaku Wakil Ketua BEM Universitas Malikussaleh dengan perolehan 2.412 suara yang unggul dari saudara Muhammad Mabrur & saudara T.M Lutfan dari paket B dengan perolehan 838 suara dan 26 suara rusak.

Ketua KPRM UNIMAL 2018 saudara Reza Fajrul Rahman mengharapkan kedua pasangan Calon BEM UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 2018 beserta Tim Pemenangan bisa menerima hasil dan keputusan dari Pleno IV, dan tidak adanya masalah lagi dikemudian hari terkait keputusan yang sudah di tandatangani oleh Ketua MPM UNIMAL, Ketua DPM UNIMAL, Ketua KPRM UNIMAL dan Sekretaris KPRM UNIMAL. Harapan juga diberikan kepada Royhan & M. Sabar bisa mengemban amanah dan bisa menjalankan roda organisasi Universitas Malikussaleh dengan semestinya, dan juga kepada saudara M. Mabrur & T.M Lutfan bisa menerima hasil dari PEMIRA 2018 secara sprotif dan bisa bekerja sama serta membantu Ketua & Wakil Ketua BEM Universitas Malikussaleh terpilih.

"




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment