Media sosial ialah merupakan suatu tempat untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain. Namun media sosial sekarang ini, tidak cuman digunakan sebagai alat komunikasi tetapi juga digunakan sebagai alat untuk melakukan usaha atau bisnis seperti penjualan online,dan juga sebagai media untuk mengembangkan sebuah bisnis.Karena media sosial pada saat ini mudah sekali diakses, saat ini banyak yang menggunakan media sosial sebagai tempat memperkenalkan barang atau produknya ke masyarakat. Media sosial atau disebut juga dengan jejaring sosial yang dapat digunakan yaitu seperti facebook,twiter dan instagram. Beralihnya para pelaku bisnis ke media ini dikarenakan memiliki manfaat yang sangat banyak bagi penjual online atau usaha bisnis. Salah satu kelebihan media sosial adalah memiliki banyak potensi untuk kemajuan suatu usaha. Berikut ini adalah alasan mengapa media sosial bisa menjadi alat promosi yang paling efektif.
Alasan yang pertama adalah aksesnya cepat dan mudah,sehingga memungkinkan produk yang dipasarkan melalui media sosial akan cepat dikenali oleh masyarakat, dan memilih media sosial jenis apa yang akan digunakan. Orang-orang yang ingin memasarkan usahanya tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, mereka hanya perlu membagikan gambar dan deskripsi yang akan dipasarkan.
Alasan yang kedua adalah memilih produk yang ingin di promosikan serta memiliki jaringan sosial yang luas dan tidak terbatas, ini juga dapat dimanfaatkan untuk sarana promosi produk lintas negara. Bahan promosi nya yaitu seperti produk unggulan, keunggulan usaha, harga persaingan, kelebihan dan lain-lain.
Alasan yang terakhir adalah membuat alur rencana bagaimana promosi bisnis akan dilakukan. Apabila rencana sudah diketahui dan sudah di buat, seorang pebisnis bisa langsung mengerjakannya di media sosial. Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi juga tidak dikenakan biaya apapun, hanya saja bermodalkan paket data, sehingga para pengusaha bisa mengalihkan biaya promosi yang semestinya mereka keluarkan untuk keperluan lainya saja.
Oleh karena itu, menggunakan media sosial sebagai sarana promosi untuk semua produk sangatlah tepat, karena ada beberapa alasan mengapa media sosial untuk sarana promosi, diantaranya yaitu aksesnya mudah dan cepat, jaringannya luas dan tidak dikenakan biaya sedikitpun.
Referensi:
Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. SESINDO 9,2017.
www.cermati.com/artikel/manfaat-sosial-media-untuk-mengembangkan-bisnis-sendiri
Penulis Fransiska A. Salim, Mahasiswi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Prendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Bimbingan Bapak Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd.