ABSTRAK : Dalam penyusunan artikel ini, penulis menggunakan metode survei literatur atau literature survey. Metode ini mencakup teori-teori yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Bagian ini mengulas konsep dan teori yang digunakan dengan menggunakan literatur yang tersedia, terutama artikel yang diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah. Dari majalah yang tersedia di toko atau online. Menurut World Commission for the Environment and Development (WCED), Brundtland Commission, 1987, manajemen pembangunan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik. Administrasi pembangunan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan program pembangunan untuk mencapai tujuan pembangunan tertentu.
kata kunci: Administrasi pembangunan, infrastruktur, pelayanan publik
PENDAHULUAN
Manajemen pembangunan adalah proses pengelolaan dan pelaksanaan program pembangunan untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditentukan. Tujuan umum penyelenggaraan pembangunan adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, pelayanan publik dan sektor ekonomi. Manajemen pembangunan meliputi berbagai aspek seperti perencanaan pembangunan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi program pembangunan. Manajemen pembangunan juga memerlukan kerjasama dan koordinasi antar berbagai aktor seperti pemerintah, swasta dan masyarakat.
Infrastruktur didefinisikan sebagai semua fasilitas dasar fisik dan organisasi yang diperlukan untuk menjalankan suatu sistem atau kegiatan, baik pada tingkat individu, komunitas, maupun nasional. Infrastruktur mencakup berbagai jenis fasilitas seperti jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, rel kereta api, listrik, pasokan air, dan komunikasi. Infrastruktur yang baik dan terpelihara dengan baik sangat penting untuk kemajuan dan stabilitas negara atau wilayah mana pun. Peralatan infrastruktur yang tepat dapat meningkatkan konektivitas, efisiensi, dan produktivitas di banyak sektor ekonomi. Selain itu, infrastruktur berperan penting dalam memperlancar peredaran barang dan jasa serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Pelayanan publik adalah pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau badan publik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat luas. Pelayanan publik mencakup banyak jenis pelayanan seperti pendidikan, kesehatan, transportasi, pemadam kebakaran, keamanan, pengadilan, dan pembersihan lingkungan. Pelayanan publik dianggap penting karena secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat lokal dan berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik. Pelayanan publik juga berperan dalam menjaga stabilitas sosial, mencegah korupsi, dan memastikan kepentingan publik di atas kepentingan individu dan kelompok tertentu.
Layanan publik biasanya didanai oleh pemerintah melalui pajak dan dikelola oleh entitas publik atau nirlaba yang berspesialisasi dalam menyediakan layanan tersebut. Pelayanan publik juga memerlukan prinsip-prinsip seperti akuntabilitas, transparansi, efisiensi dan keadilan dalam pemberian pelayanan kepada publik. Layanan publik sering dikaitkan dengan pemerintah, tetapi juga dapat disediakan oleh sektor swasta atau organisasi nirlaba. Contohnya termasuk perusahaan air swasta yang menyediakan air bersih dan penyedia layanan kesehatan nirlaba yang menyediakan layanan kesehatan bagi orang-orang yang tidak mampu membayarnya.
Bagaimanapun juga, pelayanan publik harus mengutamakan kepentingan masyarakat luas dan harus dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat.
METODE PENELITIAN
Dalam penyusunan artikel ini, penulis menggunakan metode survei literatur atau literature survey. Metode ini mencakup teori-teori yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Bagian ini mengulas konsep dan teori yang digunakan dengan menggunakan literatur yang tersedia, terutama artikel yang diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah. Dari majalah yang tersedia di toko atau online.
Penelitian dengan menggunakan teknik literature review membantu mengembangkan konsep dan teori yang menjadi dasar kajian penelitian. Studi kepustakaan atau penelitian kepustakaan merupakan suatu kegiatan penelitian yang perlu dilakukan, khususnya penelitian akademik yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan aspek-aspek baik teoretis maupun praktis. Dengan menggunakan metode penelitian ini, penulis dapat dengan mudah memecahkan masalah yang diteliti.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Peran Administrasi Pembangunan dalam Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Pelayanan Publik
Administrasi pembangunan memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik. Administrasi pembangunan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan program pembangunan untuk mencapai tujuan pembangunan tertentu.
Salah satu tugas manajemen pembangunan adalah memastikan sumber daya yang tersedia digunakan secara efektif dan efisien untuk membangun infrastruktur yang berkualitas. Ini termasuk memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan direncanakan dengan baik, didanai secara memadai dan dilaksanakan secara efisien.
Selain itu, administrasi pembangunan juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pelayanan publik berkualitas tinggi dan tersedia. Ini termasuk memastikan bahwa fasilitas seperti rumah sakit, sekolah dan pusat kesehatan didirikan dan dioperasikan dengan baik, serta layanan publik lainnya seperti air bersih, sanitasi dan transportasi tersedia dan terjangkau oleh masyarakat.
Untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik, penyelenggaraan pembangunan harus memperhatikan beberapa faktor penting, seperti pengembangan teknologi tepat guna, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan penguatan koordinasi antara sektor publik dan swasta. Selain itu, penyelenggaraan pembangunan juga perlu memperhatikan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan memastikan bahwa kepentingan masyarakat diutamakan dalam setiap keputusan pembangunan.
Dalam kaitan ini, administrasi pembangunan dapat menggunakan berbagai perangkat dan teknik, seperti analisis kebijakan, perencanaan strategis, pemantauan kinerja, dan evaluasi program, untuk memastikan bahwa program pembangunan dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian, administrasi pembangunan dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik, serta membantu masyarakat untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.
Perkembangan Indonesia sudah lama digembar-gemborkan, sejak kemerdekaan hingga saat ini. Pembangunan akan terus meningkatkan kualitas pembangunan dan memajukan negara. Secara umum pembangunan adalah suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, yang tidak mempunyai tujuan dan dapat memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas hidup. Pembangunan manusia merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional melalui pemberdayaan manusia
Pemerintah daerah memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah. Hal ini karena pemerintah memiliki kekuasaan dan kedudukan yang sangat strategis terkait dengan fungsinya sebagai pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, keamanan, keadilan dan perdamaian. untuk masyarakat.
Konektivitas kawasan dapat difasilitasi melalui pembangunan infrastruktur kawasan. Ini berjalan seiring dengan layanan transportasi terintegrasi dan sinergi antara sistem yang berbeda. Pembangunan prasarana dan sarana transportasi daerah diharapkan dapat membawa pengaruh dan pengaruh yang besar terhadap distribusi manusia dan barang yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat setempat dan mendukung pembangunan daerah. Salah satu pembangunan infrastruktur transportasi adalah pembangunan jalan yang merupakan infrastruktur terpenting dan terlengkap yang mendukung pergerakan orang dan barang.
Ketersediaan infrastruktur transportasi berupa jalan penghubung merupakan salah satu faktor yang menyebabkan besarnya ketimpangan antara kemiskinan perkotaan dan pedesaan. Di desa-desa dan daerah terpencil yang jauh dari perkotaan, sangat penting untuk mengembangkan jalur akses jalan. Infrastruktur jalan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lain. Infrastruktur jalan ini dapat mendorong pembangunan ekonomi, menurunkan harga produk, memberikan akses kepada pemasok dan pasar global, serta membangun proses produksi yang efektif dan efisien dari segi biaya seperti biaya transportasi. meningkatkan.
Ditinjau dari kewenangan dan sumber pendanaan, pembangunan jalan dibagi menjadi beberapa kategori jalan yaitu jalan nasional, jalan daerah, dan jalan kabupaten/kota. Rencana Pembangunan Nasional/Bapenas Presiden, sumber pendanaan pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional/provinsi berasal dari APBN (Anggaran Belanja Negara) dan untuk jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh gubernur oleh pejabat yang berwenang adalah SKPD Provinsi bertanggung jawab atas bidang perencanaan pembangunan daerah (Bapeda Provinsi), membiayai pembangunan dan pemeliharaan jalan provinsi dari APBD provinsi, dan pada akhirnya menjadi tanggung jawab dan tanggung jawab jalan kabupaten/kota. memiliki otoritas. Pemerintah Kabupaten/Kota yaitu Bupati/Walikota berkedudukan di Bapeda Kabupaten dan pembangunannya dibiayai dari APBD Kabupaten/Kota.
KESIMPULAN
Administrasi pembangunan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik suatu negara. Administrasi pembangunan dapat membantu merencanakan, menganggarkan, melaksanakan dan mengevaluasi proyek-proyek infrastruktur yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik. Selanjutnya, manajemen pembangunan dapat memastikan bahwa proyek-proyek ini dilaksanakan secara efisien, efektif dan transparan.
Untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, penyelenggara pembangunan dapat melakukan analisis terhadap kebutuhan infrastruktur yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, manajer pengembangan dapat merencanakan dan menganggarkan proyek infrastruktur ini dan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk melaksanakan proyek ini secara efisien dan efektif. Selain itu, development manager dapat memantau dan mengevaluasi proyek infrastruktur tersebut untuk memastikan bahwa kualitas infrastruktur yang dibangun memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Dalam meningkatkan pelayanan publik, administrasi pembangunan dapat membantu merencanakan, mengembangkan, dan mengelola pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Manajemen pembangunan dapat memastikan bahwa pelayanan publik tersedia secara memadai dan mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu, manajemen pembangunan dapat memastikan bahwa layanan publik ini disampaikan pada tingkat tinggi dan efektif.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa manajemen pembangunan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik negara. Proses penganggaran, perencanaan dan pemantauan yang efisien dan transparan oleh administrasi pembangunan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proyek pembangunan infrastruktur dan layanan publik, sehingga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Afif, Fadlil. PERAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN PUNGUT MUDIK-SUNGAI KUNING DI KABUPATEN KERINCI. Diss. Ilmu Pemerintahan, 2022.
Elsyn, V. I. N. S. E. N. S. I. A., Hardianto, W. T., & Bagus, N. (2022). Peran Kepala Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pembangunan Desa di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi).
GUNENA, Nofrison. Peran Lurah Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Kelurahan Kolongan Mitung Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Sangihe. Governance, 2013, 5.1.
HIDAYAT, Asep; YANI, Selga Zira Fresh. PERAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN DESA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2022, 3.7: 7091-7100.
JAINI, Muhammad; SETIAWATI, Budi; SUSIANI, Susiani. PERAN KEPALA DESA MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA LUMBANG KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG. JAPB, 2021, 4.2: 1436-1446.
KURNIAWAN, AMIRA. PERAN KEPALA DAERAH DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR.
MASHUR, Dadang. Strategi Pembangunan Kota Pekanbaru Menuju Kota Metropolitan Madani. Jurnal Administrasi Pembangunan, 2017, 4.2: 109-114.
Pratama, C. A., & Setiawan, F. (2022). Peran Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Di Desa Makunjung Kecamatan Barito Tuhup Raya Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 8(1), 15-25.
SIMBOLON, Dewi Sarah, et al. Peranan pemerintah desa dalam pembangunan infrastruktur. Jurnal Kewarganegaraan, 2021, 5.2: 295-302.
SURURI, Ahmad. Pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur perdesaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 2015, 3.2.
VELIYANI, Cindy Bella, et al. STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DINAS PEKERJAAN UMUM DANPENATAAN RUANG KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA. 2021. PhD Thesis. FISIP UNPAS.
WIJAYA, Donny Wahyu. Perencanaan Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh (Studi Penentuan Kawasan Prioritas untuk Peningkatan Kualitas Infrastruktur pada Kawasan Pemukiman Kumuh di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2016, 2.1: 1-10.
Yogawati, N., & Aco, F. (2022). Peran Kepala Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Desa Kecemen Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten. Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik, 6(1), 59-78.