ABSTRAK : Peran Guru pada pembangunan bangsa tidak Bisa ditinggalkan bertahanlah, guru memiliki yang sangat penting yang keuntungan dalam menciptakan dalam membentuk bangsa pendidikan bangsa . Guru bukan hanya hanya seorang guru lebih tepatnya, itu sebaliknya adalah pahlawan pendidikan yang berdedikasi untuk berkembang yang didedikasikan untuk mengembangkan generasi berikutnya menjadi pemimpin yang kompetitif , empati generasi berikutnya dan aktif di komunitas mereka orang menjadi pemimpin yang kompetitif, empati, dan aktif komunitas mereka. Perspektif guru dalam membangun bangsa meliputi beberapa aspek kunci jumlah aspek kunci Pertama awal, tama guru itu teguh dalam komitmennya komitmennya untuk menyampaikan pemahaman dan dorongan untuk menyampaikan para murid pemahaman dan dorongan kepada murid-muridnya. Mereka harus bisa menilai materi pelajaran dengan baik dan menyajikannya dengan cara yang mudah dipahami siswa untuk menilai dengan benar materi pelajaran dan menyajikannya dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Guru selanjutnya harus mampu menjadi membantu perempuan dengan kritis dan analitis agar mereka dapat menggunakan mampu yang diperolehnya dalam kehidupan sehari untuk membantu hari perempuan dengan kritis dan analitis agar dapat menggunakan ilmunya telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Guru memiliki peran penting sebagai teladan dan pembimbing siswa membantu karyawan dalam mengembangkan standar moral,etika, dan hukum.
ABSTRAK
The teacher’s role in nation building cannot be abandoned. The teacher has a very important advantage in creating the nation’s education. The teacher is not just just a teacher to be precise, it is on the contrary a dedicated educational hero who is dedicated to developing the next generation of competitive, empathetic and active leaders of their community into competitive, empathetic, and active leaders of their community. The teacher’s perspective in building the nation includes several key aspects, number of key aspects. First, the teacher is firm in his commitment to convey understanding and encouragement to convey understanding and encouragement to his students. They must be able to assess the subject matter well and present it in a way that is easy for students to understand. The next teacher must be able to help women critically and analytically so that they can use the skills they have acquired in everyday life to help women’s day critically and analytically so that they can use the knowledge they have gained in everyday life. Teachers have an important role as role models and mentors of students assisting employees in developing moral, ethical, and legal standards.
PENDAHULUAN
Peran yang sangat penting yang digunakan dalam membangun bangsa agen perubahan dan mentor guru memiliki hasrat membara untuk mengembangkan dan membentuk populasi manusia yang kaya karakte,kritis, dan menyindi. bakat unik untuk mendorong pertumbuhan sosial dan emosional orang lain membantu siswa dalam dengan itu, guru juga membantu siswa memahami dan menerapkan konsep yang diajarkan serta mengidentifikasi kebutuhan unik setiap siswa dan menyediakan sumber daya yang sesuai Selain itu, guru berfungsi sebagai guru dan mentor bagi siswa mengembangkan keterampilan interpersonal seperti kerja sama, komunikasi, dan toleransi. Mereka juga dapat juga membantu mengatasi tantangan pribadi dan menginspirasi karyawan untuk mencapai potensi penuh mereka dalam mengatasi tantangan pribadi dan menginspirasi karyawan untuk mencapai potensi penuh mereka kemampuan untuk menanamkan moral dan etika pada masyarakat umum memahami perbedaan antara benar dan shalat serta mendorong.
METODE PENELITIAN
Untuk itu lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya pentingnya peran guru dalam konteks pembangunan bangsa Kami berharap mampu menyediakan penjelasan yang lebih menyeluruh tentang guru peran dalam pembangunan bangsa. dan dapat memberikan saran berharga untuk meningkatkan standar pendidikan dan mendukung upaya guru untuk menyelesaikan proyek konstruksi yang dapat menawarkan untuk bangsa.
.
HASIL DAN PEMBAHASAN
- Peran guru terhadap pembangunan bangsa
Guru adalah satu-satunya profesi satunya di bidang pendidikan Di dalam Undang Undang No. 14 tahun 2005, yang dimaksud dengan “guru” adalah guru profesional yang mempunyai tugas mengajar,mengajar, mengajar,mengajar,mengajar, istilah dan mengevaluasi siswa dalam diartikan sebagai guru profesional yang mempunyai tugas mengajar siswa di bidang pendidikan formal,lari, dan informal. fakta bahwa guru adalah satu – satunya profesi yang mampu membimbing bangsa, pentingnya guru dalam setiap bangsa tidak dapat dilebih lebihkan mengembangkan karakter Orang Indonesia ingin memperbaiki masalah dengan pemerintahnya di tahun – tahun mendatang, mereka harus beralih ke pendidikan . Oleh karena itu , seorang guru yang bertindak sebagai seorang profesional harus memiliki ” kode etik guru” dan ditunjuk sebagai orang yang mengawasi pekerjaan guru sepanjang hari. teladan model ( ing ngarso sung tulodo ) memberikan nasihat kepada siswa karena peran guru (ingatasan siswa di kelas Motor penggerak ing madya mangun karso ), menekankan perlunya guru berinovasi di dalam kelas dan siswa untuk ngarso sung tulodo ), memberikan nasihat kepada siswa karena peran guru sebagai atasan siswa di kelas.
Seorang motivator atau disebut juga diketahui tutwuri handayani mampu memberikan motivasi yang dibutuhkan karyawan untuk menyelesaikan setiap tugas dan memahami seluk beluk kehidupan sehari – hari. Tugas kemanusiaan satu di antara tugas guru, sisi ini tidak bisa guru abaikan, karena guru harus terlibat dengan kehidupan di masyarakat dengan interaksi sosial dan guru harus menanamkan nilai-nilai kemanusiaan kepada peserta didik, Di bidang kemasyarakatan merupakan tugas guru yang juga tidak kalah pentingnya. Maka tugas guru tidak hanya sebatas dinding sekolah, namun juga sebagai penghubungan sekolah dengan Masyarakat. perilaku tujuan sasaran profesional kepada Fahruddin (AH 2020 ), tujuan pengembangan etika profesi di tempat kerja adalah untuk menguntungkan individu dan profesi itu sendiri. Proyek kerja profesional diselesaikan tepat waktu dan dengan sangat hati – hati, dan semua organisasi dimatikan sepenuhnya dan menyeluruh tujuan dasar penciptaan pembuatan kunci enkripsi adalah sebagai berikut sebuah kunci enkripsi adalah sebagai berikut etika yang menjunjung tinggi standar profesi dapat mengurangi pandangan dan kesan di kalangan orang asing atau masyarakat umum, mencegah munculnya profesi yang terlalu dijunjung tinggi.
Untuk itu setiap profesi memiliki anggota yang beragam yang dapat memajukan profesinya. Menoleransi dan mengekspresikan kesejahteraan kelompok selamat kesejahteraan hidup berdampingan Kode etika biasanya memuat larangan tindakan yang berimplikasi biasanya termasuk kesejahteraan kelompok larangan tindakan yang berimplikasi pada kesejahteraan kelompok Misalnya misalnya, menetapkan upah minimum untuk karyawan profesional bagi karyawan profesional yang dibayar untuk melakukan tugasnya akan memastikan bahwa siapa pun yang bekerja menjadi bawah upah minimum akan mengalami pelecehan dan pembalasan.
Dalam proses belajar seorang guru adalah yang bersemangat dan berkomitmen terhadap pendidikan setiap individu siswa baik di dalam maupun di luar kelas. dengan untuk ini guru adalah seseorang yang antusias dan berkomitmen untuk mendidik siswa baik dalam pengaturan individu atau kelompok, di dalam atau didikan dan pendidikan luar kelas. paragraf satu sampai delapan Kode Etik Pendidikan Guru adalah sebagai dari satu sampai Pendidikan adalah sebagai rakyat Indonesia yang mendukung Guru Pancasila didorong untuk melakukannya oleh seorang guru yang berdedikasi untuk pengembangan mereka sebagai peserta didik dan menjunjung tinggi integritas profesional sekolah terbaik adalah sekolah yang menjunjung tinggi standar pengajaran menurut sang guru Pembenahan Langkah Langkah Memberikan informasi tentang siswa.
Mengidentifikasi siswa yang membutuhkan pinjaman khusus Pekerjaan guru mengajar adalah jenis pekerjaan yang sangat mahal. profesional guru juga harus memperlakukan juga harus memperlakukan masyarakat peserta didik secara komunitas peserta didik dengan profesionalisme. sangat penting bahwa mereka dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan mereka dengan bantuan yang diberikan Oleh untuk ini guru memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan pengabdian para kepada guru baik secara individu maupun kolektif. guru baik secara individu maupun kolektif Selain itu ke guru mendorong komunikasi dengan siswa untuk melaksanakan kode guru mendorong dengan siswa untuk melaksanaka kode etik guru Misalnya hubungan semacam ini dapat dianggap akademis karena pihak – pihak yang terlibat berkonsultasi tentang berbagai topik selama diskusi seperti rekomendasi bahwa jika seorang guru tertentu tidak dapat menyelesaikan masalah tertentu di komunitas dia menghubungi mentor yang berbeda dan lebih berkualitas . Demikian pula dalam kasus hubungan pribadi ketika seorang guru menghadapi suatu masalah pihak -pihak yang terlibat membicarakannya dengan guru lain yang dapat dipercaya. dalam rangka membangun bangsa dan karakter seseorang Pendidikan Kewarganegaraan memiliki serangkaian fungsi dan prinsip yang sangat penting hanya pendidikan berbasis karakter yang sistematis dan tidak dapat dipisahkan dari tujuan pembangunan bangsa yang lebih luas yaitu Pendidikan Kewarganegaraan.
bangunan nasional adalah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagaimana dinyatakan dalam Mansir, studi Purnomo, dan studi Tumin tahun 2020, Pendidikan tentu tak lepas dari peran guru sebagai perancang masa depan suatu bangsa. Pendidikan tentu tak lepas dari peran guru sebagai perancang masa depan suatu bangsa, bangsa bermasalah tidak jauh dari sistem pendidikan yang cacat masalahnya tidak jauh dari sistem pendidikan. Ada prinsip dan amalan yang harus dilakukan oleh guru dan dipatuhi agar bangsa Sakura menjadi kelak adalah membangun sumber daya manusia yang berkualitas di antaranya adalah “Guru harus melakukan yang ketatinstruksi”
KESIMPULAN
Guru itu sangat penting dalam membangun bangsa guru aktif dalam mengembangkan karakter mengembangkan potensi wanita memberikan pendidikan, mengakui nilai-nilai kebangsaan, dan menciptakan generasi yang tangguh untuk masa depan guru berkualitas tinggi dapat memastikan bahwa konstruksi bangsa saat ini akan komprehensif dan berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
PRATIWI, Rahani Surya. Profesi, kode etik, organisasi, dan peran guru. 2022.
Fitriatin, N., Itania, I., Khasanah, I. U., & Adriyansyah, M. A. (2023). Pengaruh Kode Etik Guru terhadap Proses Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 586-594.
Savitri, S. N. L. (2023). Peran Kode Etik Guru Untuk Meningkatkan Profesional Guru.
Muhammad, R. (2023). DAMPAK PENERAPAN KODE ETIK GURU DI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN MAYARAKAT
Mansir, F. (2022). Tantangan Dan Ancaman Anak Indonesia: Potret Pendidikan Nasional Era Digital. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini , 11 (1), 387-399.
Utami, S. (2019, May). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 518-527).
Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 2(2, Oktober).