Tak Ingin Jadi Tumbal Politik Praktis PDD Akan Gelar Diskusi Libatkan Penyelenggara Pemilu

  • Share

JARAK.ID, [GORONTALO] – PDD (Portal Diskusi Demokrasi) akan menggelar diskusi bersama masyarakat dan pemerintah, Jum’at (30/9/2022) pekan depan.

Ketua Panitia, Agusrianto Simon S.H, mengatakan, di dalam diskusi ini mengangkat tema: “Praktik Politik dalam Pemerintahan dan Masyarakat untuk Memperkuat Civil Society dalam Demokrasi”, ungkapnya, Rabu (21/9/2022).

Ia mengatakan, kegiatan ini lahir dari para pemikir dan pejuang demokrasi yang ada di Kecamatan Tabongo, khususnya yang tergabung dalam grup Portal Diskusi Tabongo.

Disamping itu, Ia menjelaskan, sebagai ajang silaturahmi antara pemangku kepentingan. Kegiatan ini pula bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pemerintah dalam berpolitik sehat menyongsong Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

“Nah, apakah pemerintah bisa berpolitik? Pertanyaan semacam itulah yang akan kita bahas dan diskusikan bersama narasumber yang hebat dan mempuni dalam ilmu kepemiluan yaitu Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilihan Umum,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Tabongo Timur Stevianus Nggilu S.H, mengatakan, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih kami sebagai perangkat desa wajib untuk memahami bagaimana tahapan Pemilu Tahun 2024.

“Sehingga kami tidak terjebak dalam politik praktis atau dan hal-hal yang bertentangan dengan undang-undang pemilu no 7 tahun 2017,” terangnya.

Ia menambahkan, pada Undang-undang Desa No. 6 Tahun 2014 jelas melarang perangkat Desa baik Kepala Desa menyalahgunakan wewenang, tugas, hak, dan/atau kewajibannya. Juga, serta ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah. (Rls)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *